Pelaksanaan Dan Monitoring Penelitian

Penelitian dilaksanakan segera setelah kontrak ditandatangani dan sesuai dengan jadwal. Pelaksanaan kegiatan mengacu pada ketentuan yang tercantum dalam kontrak.
Pencairan dana dan penyampaian laporan kegiatan (hardcopy dan file elektronik) dilakukan secara bertahap yaitu:
a. Proposal untuk penarikan dana termin 1 (60%). Dana diberikan setelah menyampaikan proposal hasil perbaikan sesuai anggaran yang disetujui dan dokumen administrasi keuangan;
b. Laporan Kemajuan Pertama untuk penarikan dana termin 2 (30%). Dana diberikan setelah menyampaikan laporan kemajuan teknis pertama setara dengan pemanfaatan dana 60%;
c. Laporan Kemajuan Kedua untuk penarikan dana termin 3 (10%). Dana diberikan setelah menyampaikan laporan kemajuan teknis kedua setara dengan pemanfaatan dana 30%;
d. Laporan Akhir setara pemanfaatan dana 100% disampaikan saat kontrak kerja sama berakhir yang meliputi: (1) Laporan Akhir Teknis, (2) Laporan Ringkas Hasil Litbang Sesuai format yang ditetapkan, (3) Daftar Hasil Litbang, (4) Surat pernyataan tidak membeli alat/barang modal, (5) Surat pernyataan setor dana sisa, dilengkapi dengan Bukti Setor Dana Sisa (bila ada).
Pengendalian/ Pengawasan/ Supervisi Pelaksanaan penelitian dilakukan secara sinergis dengan kegiatan monitoring dan evaluasi oleh internal UK/UPT Badan Litbang Pertanian yang relevan. Sementara pengawasan fungsional dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian dan institusi pengawas fungsional lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Monitoring dan evaluasi dilakukan dalam rangka menjaga kualitas hasil dan dilengkapi dengan format model evaluasi tertentu yang dipandang baik, serta dilaksanakan secara sinergi oleh dua pihak, yaitu pihak lembaga/institusi pengusul dan Komisi Teknis KKP3N Badan Litbang Pertanian. Evaluasi keseluruhan penelitian dilakukan pada akhir proses penelitian melalui seminar dan laporan akhir. Hasil monev akan digunakan sebagai salah satu syarat dalam penarikan dana.
1. Monitoring
Aktivitas ini ditujukan untuk memonitor kemajuan dan perkembangan pelaksanaan KKP3N, serta masalah yang dihadapi mencakup hal-hal sebagai berikut:
a. Kesesuaian aktivitas yang telah dilakukan dengan rencana awal
b. Kemajuan aktivitas dan buku catatan harian penelitian (log book)
c. Permasalahan yang dihadapi lembaga atau peneliti dan alternatif solusinya
2. Evaluasi
Aktivitas ini ditujukan untuk mengevaluasi hasil dan capaian kegiatan penelitian pada tahun berjalan.
Penelitian dapat dianggap gagal atau tidak dapat dilanjutkan pada tahun berjalan apabila secara substansi dan administratif bermasalah / terdapat ketidaksesuaian yang berat berdasarkan hasil evaluasi. Seminar akhir hasil penelitian diagendakan pada bulan November 2014. Penyajian laporan penelitian harus disampaikan oleh penanggung jawab penelitian dan apabila berhalangan dapat diwakilkan kepada anggota tim peneliti yang kompeten dengan membawa surat kuasa dari penanggung jawab penelitian. Laporan akhir disampaikan oleh penanggung jawab penelitian kepada Sekretariat Badan Litbang Pertanian pada minggu pertama bulan Desember 2014.
Penelitian dilaksanakan segera setelah kontrak ditandatangani dan sesuai dengan jadwal. Pelaksanaan kegiatan mengacu pada ketentuan yang tercantum dalam kontrak.

Pencairan dana dan penyampaian laporan kegiatan (hardcopy dan file elektronik) dilakukan secara bertahap yaitu:

  1. Proposal untuk penarikan dana termin 1 (60%). Dana diberikan setelah menyampaikan proposal hasil perbaikan sesuai anggaran yang disetujui dan dokumen administrasi keuangan;
  2. Laporan Kemajuan Pertama untuk penarikan dana termin 2 (30%). Dana diberikan setelah menyampaikan laporan kemajuan teknis pertama setara dengan pemanfaatan dana 60%;
  3. Laporan Kemajuan Kedua untuk penarikan dana termin 3 (10%). Dana diberikan setelah menyampaikan laporan kemajuan teknis kedua setara dengan pemanfaatan dana 30%;
  4. Laporan Akhir setara pemanfaatan dana 100% disampaikan saat kontrak kerja sama berakhir yang meliputi: (1) Laporan Akhir Teknis, (2) Laporan Ringkas Hasil Litbang Sesuai format yang ditetapkan, (3) Daftar Hasil Litbang, (4) Surat pernyataan tidak membeli alat/barang modal, (5) Surat pernyataan setor dana sisa, dilengkapi dengan Bukti Setor Dana Sisa (bila ada).

Pelaksanaan penelitian dikendalikan/diawasi/disupervisi melalui kegiatan monitoring dan evaluasi pada jalur struktural maupun fungsional. Pengendalian teknis melalui jalur struktural dilakukan oleh UK lingkup Badan Litbang Pertanian. Pengawasan fungsional dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian dan institusi pengawas fungsional lainnya.

Monitoring dan evaluasi  penelitian dilaksanakan oleh Tim Monev, sedangkan  evaluasi keseluruhan penelitian  dilakukan pada akhir proses penelitian melalui seminar dan laporan akhir. Seminar hasil penelitian diagendakan pada bulan November 2013. Penyajian laporan penelitian harus disampaikan oleh penanggung jawab penelitian.

Laporan akhir disampaikan oleh penanggungjawab penelitian kepada Sekretariat Badan Litbang Pertanian pada minggu pertama  bulan Desember 2013.