Ketentuan Pelaksana Kerjasama Penelitian

KKP3N adalah program kerjasama penelitian antara Badan Litbang Pertanian dengan Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian Nasional lainnya yang berbadan hukum (LPK, LPNK, BUMN/Swasta) di Indonesia yang mempunyai kompetensi di bidang penelitian pertanian dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Tim peneliti terdiri atas 3 (tiga) sampai 5 (lima) orang peneliti dan berasal dari 3 (tiga) institusi berbeda.
2. Penanggung jawab tim peneliti dapat berasal dari Perguruan Tinggi/Lembaga Penelitian Nasional atau dari Badan Litbang Pertanian, dengan ketentuan sebagai berikut:
A. Penanggung jawab berasal dari Perguruan Tinggi atau Lembaga Penelitian Nasional
a. Perguruan Tinggi atau Lembaga Penelitian Nasional yang mengajukan proposal harus mempunyai kompetensi dalam penelitian di bidang pertanian.
b. Penanggung jawab penelitian dengan bergelar doktor atau dengan jenjang fungsional serendah-rendahnya Lektor Kepala bergelar Magister untuk perguruan tinggi, dan serendah-rendahnya Peneliti Madya atau yang setara dengan gelar Magister untuk lembaga penelitian nasional.
c. Anggota tim peneliti terdiri atas sekurang-kurangnya 1 (satu) orang peneliti Badan Litbang Pertanian dengan jabatan fungsional aktif disertai sekurang-kurangnya 1 (satu) orang dari instansi di luar instansi penanggung jawab kegiatan dengan gelar serendah-rendahnya Magister untuk Perguruan Tinggi dan serendah-rendahnya Peneliti Muda atau yang setara untuk Lembaga Penelitian Nasional.
B. Penanggung jawab berasal dari Badan Litbang Pertanian
a. Penanggung jawab penelitian dengan jenjang serendah-rendahnya Peneliti Madya atau peneliti dengan fungsional aktif bergelar doktor.
b. Anggota tim peneliti terdiri atas sekurang-kurangnya 2 (dua) orang dari perguruan tinggi atau lembaga penelitian nasional dari instansi berbeda dengan gelar serendah-rendahnya Magister untuk Perguruan Tinggi dan serendah-rendahnya Peneliti Muda atau yang setara untuk Lembaga Penelitian Nasional.
3. Tim peneliti dapat dibantu oleh teknisi litkayasa dan atau mahasiswa untuk membantu kelancaran pelaksanaan penelitian, namun asal institusinya tidak dihitung untuk memenuhi persyaratan pada butir 1 di atas.
4. Penanggung jawab penelitian hanya dapat terlibat dalam 1 (satu) judul penelitian KKP3N dalam tahun yang sama. Untuk anggota tim peneliti dapat terlibat dalam maksimal 2 (dua) judul kegiatan penelitian KKP3N dalam tahun yang sama.
5. Bidang keahlian penanggungjawab dan anggota tim peneliti harus sesuai/mendukung kegiatan penelitian yang diajukan.