Bidang Prioritas KKP3N

 

Kegiatan penelitian yang dapat didanai dari skema KKP3N adalah penelitian yang hasilnya diharapkan dapat mendukung percepatan pencapaian program utama Kementerian Pertanian dan menjadi trend setter inovasi pertanian ke depan. Untuk lebih memaksimalkan dukungan tersebut, program kerjasama penelitian ini difokuskan pada empat bidang prioritas, yaitu: (1) Ketahanan Pangan, (2) Bioenergi, (3) Bioindustri, dan (4) Keamanan Hayati dan Kimia Lahan Pertanian.
Ketahanan Pangan sebagai salah satu isu utama nasional memiliki dua aspek penting, yaitu ketersediaan pangan dan kemampuan seseorang untuk mengaksesnya. Dalam hal ketersediaan pangan, produksi pangan menjadi faktor kunci dan upaya peningkatan produksi pangan perlu terus dilakukan seiring dengan peningkatan kebutuhan sebagai akibat pertumbuhan penduduk setiap tahunnya. Akan tetapi, dalam upaya tersebut terdapat beberapa kendala yang dapat mempengaruhi produksi pangan yang perlu diperhatikan dan diantispasi seperti perubahan iklim, berkurangnya lahan pertanian produktif sebagai akibat konversi lahan untuk kepentingan lain, masih rendahnya efisiensi produksi, ketergantungan terhadap beras yang tinggi. Untuk mengatasi kendala tersebut beberapa topik penelitian dapat dilakukan dan dikembangkan sebagai alternatif solusi seperti penelitian dan pengembangan teknologi adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim, pemanfaatan lahan sub-optimal dan pemulihan kesuburan/ remediasi lahan terdegradasi/tercemar, teknologi mendukung peningkatan efisiensi produksi, pre-breeding dan atau perakitan varietas tanaman berbasis bioteknologi untuk toleransi terhadap cekaman abiotik dan biotik di lahan sub-optimal, peningkatan produktivitas ternak, serta diversifikasi produk dan sumber pangan baru.
Bidang bioenergi utamanya ditujukan untuk memanfaatkan produk pertanian atau limbah pertanian sebagai bahan dasar untuk menghasilkan sumber energi terbarukan menggantikan atau sebagai pelengkap sumber energi fosil. Beberapa topik penelitian dan pengembangan yang relevan untuk maksud tersebut antara lain teknologi mekanisasi untuk pengembangan bioenergi yang efisien dan ramah lingkungan, pengembangan bioenergi berbasis komoditas pangan dan non-pangan, dan pengembangan bioenergi dari bahan baku limbah pertanian (generasi kedua pengembangan sumber energi terbarukan)
Bidang bioindustri yang berhubungan dengan pertanian adalah upaya untuk menghasilkan beragam pangan sehat dan produk bernilai tambah tinggi dari sumberdaya hayati pertanian. Untuk itu, topik penelitian yang dapat dilakukan dalam mendukung upaya pengembangan bioindustri tersebut antara lain peningkatan nilai tambah dan daya saing komoditas pertanian serta teknologi produksi bahan baku industri dan produk baru.
Keamanan Hayati dan Kimia Lahan Pertanian merupakan salah satu bidang penting dalam kegiatan pertanian, misalnya pencemaran yang terjadi pada lahan pertanian akibat penggunaan bahan kimia dalam aktivitas pertanian atau aktivitas manusia lainnya. Untuk maksud tersebut, kegiatan penelitian yang berhubungan remediasi lingkungan pertanian serta pengendalian gulma, hama dan penyakit tanaman ramah lingkungan menjadi sangat perlu untuk dilakukan termasuk aplikasi teknologi radioaktif untuk menemukan sumber air untuk irigasi.